(021) 62202421

Home » Trivia » Tentang Logam

Tentang Logam

Hasil gambar untuk logam

Logam merupakan salah satu unsur yang sangat penting bagi kehidupan manusia, hampir semua benda yang dimiliki manusia pada saat ini memiliki unsur logam di dalamnya. Seperti pisau rumah tangga, bagian-bagian kendaraan bermotor, kaleng minuman, bahkan smartphone saja yang sudah menjadi kebutuhan manusia pada era modern ini, ternyata juga mengandung berbagai unsur logam.

Nah, berbicara tentang logam, sudah tahukah bahwa logam ini memiliki jenis dan nama yang berbeda beda?
Jenis-jenis logam tersebut bisa tercipta murni langsung dari alam atau bisa juga tercipta karena mencampur logam satu dan logam yang lainnya dengan bantuan manusia.

Apa sajakah jenis-jenis logam tersebut? yuk, kita cari tau


*Besi
Logam pertama adalah besi,. Besi adalah logam yang berasal dari bijih besi (hasil tambang) yang banyak digunakan untuk kehidupan manusia sehari-hari.
Besi merupakan logam yang paling banyak dan paling beragam penggunaannya. Hal itu dikarenakan limpahan besi di kulit bumi cukup besar, pengolahannya relatif mudah dan murah, serta besi mempunyai sifat-sifat yang menguntungkan serta mudah dimodifikasi. Kelemahan besi adalah besi sangat mudah mengalami korosi atau karat, hingga akhirnya muncul inovasi besi tahan terhadap korosi yang biasa disebut STAINLESS STEEL


*Baja
Yuk, coba kita pikirkan bersama! Bagaimana mungkin salah satu menara yang menjadi maskot negeri Perancis yaitu menara Eiffel bisa berdiri kokoh setinggi 300 meter dan tetap dapat bertahan bertahun tahun meskipun terkena hempasan angin kuat maupun gempa? Alasannya adalah disebabkan karena struktur dan bahan dasar bangunan yang kuat yaitu baja.
Baja atau sering disebut besi hitam biasanya digunakan sebagai komponen utama pada mesin, rangka mobil, rangka kapal, kereta, perkakas, senjata, dan sebagai rangka bangunan. Baja sebenarnya merupakan logam paduan (alloy) antara logam besi  sebagai bahan utama dengan unsur karbon sekitar 0,2% hingga 2,1%.
Fungsi unsur karbon dalam baja sendiri adalah sebagai bahan pengeras dan meningkatkan kekuatan tariknya sehingga dapat mencegah pergeseran atom-atom dalam logam baja. Hal ini disebabkan karena karbon dapat mengisi ruang kosong antar atom besi pada ikatan logam sehingga lebih rapat dan keras.
Nah, karena ini kita sudah tau kan kenapa menara eiffel bisa bertahan sangat lama hingga akhirnya jadi maskot suatu negeri.


*Stainless steel (Baja tahan karat)
Baja adalah logam yang sangat kuat, tetapi baja juga akan menjadi rapuh disebabkan oleh korosi atau karat.
Guna mencegah terjadinya korosi, biasanya pada  baja akan ditambahkan dengan unsur kromium minimal 11% dari total bahan. Dari penambahan unsur kromium ini sendiri ini punya manfaat yang bagus akan membentuk lapisan keras pada permukaan baja dan dikenal dengan stainless steel (baja tahan karat). Karena banyak keunggulannya, stainless steel ini banyak digunakan sebagai bahan dalam pembuatan alat-alat dapur seperti kompor, sendok, wajan, panci, dan bisa juga sebagai bahan dalam pembuatan pagar yang menggunakan stainless steel supaya tidak cepat karat dan lapuk.


*Galvanum (Baja Ringan)

Jika kita melihat rumah yang sedang dibangun, ada kalanya kita melihat rangka atap berwarna putih atau perak. Tahukah benda apa itu? Rangka atap tersebut adalah baja ringan atau disebut galvanum. Jika dibandingkan dengan material kayu sebagai atap rumah material galvanum lebih ramah lingkungan, lebih awet, lebih hemat, anti karat, dan memiliki ketahanan sangat tinggi. Karena keunggulan inilah yang membuat material galvanum lebih dipilih daripada material kayu.


*Timah
Timah merupakan logam yang tidak mudah teroksidasi sehingga timah tahan dengan karat, biasanya timah digunakan untu melapisi logam lainnya agar logam tersebut juga tahan terhadap karat.


*Seng (Zink)
Seng adalah salah satu logam yang telah cukup lama, digunakan paling tidak sejak abad ke-10 SM.
Seng memiliki karakteristik kurang padat dibandingkan besi  dan memiliki struktur kristal heksagonal. Logam seng merupakan logam yang memiliki kekurangan keras dan rapuh pada berbagai macam suhu dan dapat ditempa pada suhu 100-150 derajat celcius. Keunggulan seng yaitu mampu menghantarkan listrik lebih baik daripada logam-logam lainnya dan seng memiliki titik lebur terendah diantara semua logam lainnya.


*Aluminium
Aluminium adalah  logam ringan berwarna putih, mudah ditempa, ringan, keras, dan merupakan konduktor yang baik dan tahan terhadap karat. Aluminium adalah salah satu jenis logam yang paling sering digunakan karena keunggulan keunggulan yang sudah di sebut diatas tadi, ditambah aluminium seperti tidak punya kelemahan apapun. Logam aluminium sangat baik untuk pembuatan badan pesawat terbang karena mempunyai berat yang ringan. Selain itu, aluminium juga bisa digunakan sebagai bahan dasar pembuatan alat alat dapur, alat alat rumah tangga, alat alat konstruksi, DLL.
Demikianlah, artikel tentang logam beserta jenisnya dan kegunaannya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita bersama.

Salam Ji-SUNG Steel “Strong & Shine”

 

 

PUBLISHED BY

Jisungsteel

The following two tabs change content below.
PT.Metaltama Perkasa Jaya adalah distributor pipa stainless steel Ji-SUNG, Perusahaan indonesia yang menawarkan solusi bahan bangunan terbaik kebutuhan untuk mendukung pembangunan di indonesia. Nah, bagi yang ingin tau lebih lanjut tentang pipa Stainless Steel Ji-SUNG silahkan kunjungi GALERI KAMI, Dan, jika pengunjung tertarik untuk membeli produk stainless steel. Hubungi ke : 0813-1904-1546 & (021) 62202421 Atau bisa juga dikirim via email: [email protected]

Latest posts by jisung (see all)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *